Pernah liat aksi Ken Blok di youtube? kata
kuncinya adalah GYMKHANA, suatu aksi drifting
dari Ken Blok yang sangat mantap
menggunakan Ford Fiesta yang sudah
dimodifikasi. Penasaran? Jujur saya penasaran,
makanya saya mencari referensi untuk
mempelajari cara-cara drifring, siapa tau suatu
saat nanti klo ada mobil yang mumpuni bisa
dicoba nih hehe :p
Drifting adalah sebuah seni ketrampilan teknik
mengemudi dengan kecepatan tinggi yang
dibarengi dengan kontrol mobil. Drifting
merupakan teknik menyetir di mana
pengemudi berusaha membuat agar mobilnya
berada dalam posisi miring dan meluncur dari
sisi ke sisi pada kecepatan tinggi selama
mungkin. Untuk Melakukan drifting, biasanya
para drifter (pembalap drifting) hanya
menggunakan gigi dua dan rem tangan (hand
brake) untuk menunjukkan teknik tingkat tinggi
ini. Karena itu, dibutuhkan keahlian tertentu
dan disiplin yang cukup tinggi untuk dapat
menguasai teknik mengemudi seperti ini.
Saat ini Drifting sudah menjadi olah raga
profesional yang berjalan di bawah bendera
balap D1 Grand Prix tapi sayangnya, sampai
saat ini Drifting belum mendapat pengakuan
dari FIA (payung besar road race untuk
kompetisi balap mobil yang membawahi ajang-
ajang balap mobil semacam F1, A1, F3, F3000,
GoKart dan World Rally).
Sejarah Awal Drifting
Drifting tumbuh di Jepang sekitar pertengahan
tahun 1960-an, dipelopori kalangan motorsport
underground yang dijuluki rolling zoku. Mereka
mempraktikkan teknik opposite-lock dari balap
rally di jalan pegunungan yang berkelok-kelok
dan beraspal licin di wilayah Rokkosan, Hakone,
Irohazaka dan Nagano.
Pada tahun 1970-an, Kunimitsu Takahashi,
yang merupakan pembalap F1 legenda Jepang,
mendapatkan inspirasi ketika ia mencoba
bagian depan mobilnya mengikuti apex (titik
paling pinggir dari sebuah tikungan) dengan
kecepatan tinggi dan menggunakan rem tangan
untuk mengikuti tikungan itu.
Pada tahun 2001, Daijiro Inada (pendiri Option
Magazine dan Tokyo Auto Salon) bersama
Keiichi "Dorikin" (Raja Drifting) Tsuchiya
(pembalap turing dan juga Bapak Drifting
Profesional) membuat seri kompetisi drifting
profesional, D1 Grand Prix (D1 GP).
Cara Dasar Melakukan Drifting
Teknik drifting dilakukan dengan cara
membiarkan ban belakang slip dengan alur
yang lebih besar daripada ban depan. Hal ini
biasanya terjadi saat mobil dipacu dengan
kecepatan tinggi, kemudian setir dibelokan
tanpa mengurangi kecepatan mobil. Jika teknik
drifting dilakukan dengan tidak tepat, dapat
menyebabkan mobil melintir dan kehilangan
kendali. Karena itu, kecepatan dan sudut
belokan harus diambil secara akurat.
Ada dua teknik utama yang digunakan oleh
drifter untuk menciptakan gerakan drift yaitu
Clutching (penggunaan kopling) dan braking
(penggunaan rem). Dalam teknik clutching, saat
mobil pembalap mendekati tikungan,
pengemudi akan menekan kopling dan pindah
ke gigi 2. Lalu pembalap akan menekan gas
sampai sekitar 4000-5000 RPM. Saat kopling
dilepas, akan ada putaran kuat pada ban
karena saat itu mesin sedang berputar cepat.
Kekuatan besar mendadak ini membuat ban
belakang berputar sangat cepat sampai
kehilangan traksi dan bagian belakang mobil
akan melintir.
Sementara dalam teknik braking, pengemudi
menarik rem tangan saat memasuki tikungan
sehingga menyebabkan ban belakang terkunci
dan kehilangan traksi dan menciptakan gerakan
drift. Teknik ini adalah satu-satunya teknik yang
bisa digunakan untuk mobil-mobil front wheel-
drive (FWD). Sementara untuk mobil rear
wheel-drive (RWD) memiliki setidaknya satu
lusin teknik. Inilah sebabnya lebih banyak pro
drifter yang menggunakan mobil rear wheel
drive (RWD) untuk digunakan sebagai mobil
drift.
Saat drift sudah tercipta dengan melakukan
teknik yang benar, maka yang selanjutnya
harus dilakukan adalah menjaga agar mobil
tetap terkontrol. Untuk yang satu ini diperlukan
keahlian dari si pengemudi dalam mengontrol
kombinasi antara gas dan setir.
Beberapa Jenis Teknik Drifting
Hand Brake Drift
Kopling diinjak dan disaat bersamaan hand-
brake ditarik untuk menghilangkan traksi.
Ketika traksi sudah hilang, kopling di lepas dan
pedal gas ditekan sambil lakukan
countersteering.
Power Slide
Syaratnya butuh mobil dengan mesin
bertenaga besar. Caranya hanya dengan
menginjak pedal gas sampai habis dan
mengontrol arah mobil dengan setir.
Shift Lock
Drifting dengan cara menurunkan posisi gigi jadi
lebih rendah. Hal ini membuat ban mengunci
sehingga traksi hilang.
Clutch Kick
Drifting dengan cara menendang kopling
sehingga menimbulkan guncangan pada
transmisi sehingga mempengaruhi
keseimbangan mobil. Hal ini bakal membuat
mobil sliding.
Braking Drift
Caranya saat masuk tikungan pedal rem diinjak
sehingga bobot pindah ke depan. Kemudian
pedal gas langsung dipijak sehingga ban
belakang kehilangan traksi.
Feint/Scandinavian Flick
Caranya dengan memindahkan bobot
kendaraan ke luar dengan cara memutar setir
ke arah luar tikungan dan dengan tiba-tiba
memutar balik setir sehingga bagian belakang
mobil bergeser. Teknik ini seperti cara
menikung mayoritas pereli.
Kansei/Dynamic Drift
Drifting dengan cara mengangkat pedal gas saat
kecepatan tinggi. Ini terjadi karena saat pedal
gas diangkat bobot pindah dari belakang ke
depan.
Langkah-Langkah Melakukan Drifting
1. Keraskan kemudi (steer hard) sewaktu
membelok untuk mulai meluncur, kemudian
lakukan banting-kemudi (countersteer)
sebelum mobil keluar jalur.
2. Lanjutkan membanting-kemudi
(countersteering) untuk mempertahankan
laju luncuran, ini merupakan tindakan untuk
menyeimbangkan mobil.
3. Sekarang anda mempersiapkan untuk
tikungan selanjutnya. Tujuannya adalah agar
dapat men-drift sepanjang lintasan sirkuit
yang dilalui tanpa meluruskan mobil selama
beberapa saat ketika bagian belakang
(buritan) mengayun.
4. Anda harus memacu kecepatan sekarang,
jadi persiapkan untuk menginjak gas yang
bertujuan untuk menjaga roda bagian
belakang tetap meluncur.
5. Inilah saat-saat yang tersulit. Menjaga
bagian belakang (buritan) tetap meluncur
melalui tikungan sangat mudah, tapi men-
drift terus pada lintasan lurus yang cukup
berat. Pada saat anda kehilangan
momentum, posisi mobil akan lurus
kembali, tapi anda akan terkejut berapa
lama anda dapat mempertahankan posisi
meluncurnya.
Jumat, 13 Desember 2013
tutorial drift & sejarah drift
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar